Minggu, 18 Agustus 2013

KINDS OF PARAGRAPH (3)


Argumentative Paragraph

Argumentative Paragraph (Paragraf Argumentasi) adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.
Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh paragraf Argumentasi di bawah ini:

I always told my students to study all subjects, not only English. I told so because we didn’t know our future. My experience proved that when my English teacher didn’t come, I always studied Japanese. One day, when there was a competition of composing a Japanese Poem, I won it and made me a Radio Broadcaster.

(Saya selalu mengatakan kepada murid-murid saya untuk mempelajari semua ilmu, tidak hanya Bahasa Inggris. Saya mengatakan demikian sebab kita tidak akan tahu masa depan kita. Pengalaman saya membuktikan bahwa ketika guru Bahasa Inggris saya tidak datang, saya selalu belajar Bahasa Jepang. Suatu hari, ketika ada lomba mengarang puisi bahasa Jepang, saya dapat menjuarainya dan mengantarkan saya menjadi seorang Penyiar radio.)

Tidak ada komentar: